SJ News - шаблон joomla Авто

WAWANCARA

Stevanie S. Ziraluo (14 tahun), siswi SMP Swasta Katolik Bintang Laut Telukdalam, Kabupaten Nias Selatan, terpilih sebagai mayoret utama dalam pertunjukkan marching band pada perayaan HUT RI yang ke 69 Tahun 2014.

Kali ini kami mengajak sahabat IndoNias untuk mengenal lebih dekat ERMONA FATI SEPRILA ZEGA, atau yang akrab dipanggil Rila, Putri Pariwisata Tuwu Nias 2014 yang dinobatkan pada 24 Agustus 2014 lalu. Pelaksanaan lomba berlangsung di Jalan Pancasila Lapangan Beringin Hiliweto Gidö  Kecamatan Gidö, diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Nias.

KEBIASAAN Noris Nehe (35), adalah orang muda yang komit mengembangkan cabang olahraga tinju di Kabupaten Nias Selatan. Niatnya itu diwujudkan dengan mendirikan Sasana Tinju “Nias Boxing Camp" di Jalan Lagundri Km 7, Sondegeasi Luahagundre.

Suasana Dachi SH, anggota DPR RI terpilih periode 2014-2019 dari Daerah Pemilihan Sumut II. Dia merupakan kader Partai Gerindra yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua GAMKI Sumatera Utara, dan Wakil Ketua HKTI Sumatera Utara.

P

emkab Nias Selatan, merupakan salah satu dari pemerintahan yang akan berperan menyokong terwujudnya Provinsi Kepulauan Nias. Terkait dengan hal tersebut, peningkatan kualitas SDM di lingkungan Pemkab Nias Selatan menjadi sangat penting. Berikut ini petikan hasil wawancara Koresponden IndoNias, Desty Hulu dengan Sekretaris Daerah Pemkab Nias Selatan, Faduhusi Daely, S.Pd.

Pak Sekda, untuk ke depan, seperti apa program yang dipersiapkan Pemkab Nias Selatan dalam upaya peningkatan kualitas SDM di lingkungan Pemkab?

Dengan terwujudnya ke depan pembentukan Provinsi Kepulauan Nias, maka akan menjadi peluang bagi Pemkab dan Pemko untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, terutama di kalangan PNS. Pemkab Nias Selatan khususnya, akan berupaya untuk memilih para birokrat terbaik yang akan berperan dalam pembangunan Kabupaten Nisel maupun Provinsi Kepulauan Nias.

Tentu kita akan melakukan penyeimbangan kebutuhan akan SDMuntuk Provinsi Kepulauan Nias maupun Kabupaten Nias Selatan. Yang pasti, semua SDMPNS (birokrat) yang ada di Kabupaten Nias Selatan akan mendapat kesempatan besar untuk berperan dalam membangun Nias Selatan dan Provinsi Kepulauan Nias. Itu harus kita syukuri.

Apakah ada PNS yang diberi kesempatan untuk peningkatan kualitas pengetahuan dari SMA ke S-1 dan S-1 ke S-2?

Kalau itu sudah kita laksanakan. Inikah termasuk salah satu dari visi-misi Pak Bupati yang telah diwujudkan dalam kaitan peningkatan kualitas sumber daya manusia, tidak hanya di lingkungan PNS, juga warga Nias Selatan. Itu sudah kita mulai dari peningkatan jenjang pendidikan SMAke S1 dan dari S1 ke S2.

Tiga tahun kepemimpinan Pak Bupati, kita sudah melihat hasilnya yang nyata, bahwa kurang lebih 1.000 orang sudah kita kirim ke luar Kepulauan Nias untuk melanjutkan pendidikan.

Setelah selesai pendidikan, mereka-lah yang kita harapkan ke depan untuk ambil bagian dalam membangun di Nias Selatan.

Khusus untuk PNS, juga sudah kita lakukan. Misalnya saja, untuk mengambil S1 maupun S2. Tapi belum banyak. Bahkan, sudah ada yang melapor, sudah menyelesaikan S2-nya. Ada Maria Sarumaha, misalnya.

Jumlah kebutuhan akan PNS di lingkungan Pemkab Nias Selatan, apakah sudah memenuhi kebutuhan yang diharapkan? Idealnya berapa banyak PNS yang dibutuhkan?

Oh, belum. Belum mencukupi. Kita masih membutuhkan lebih banyak lagi. Dari jumlah pemekaran saja, sekarang ini di Kabupaten Nias Selatan, sudah ada 35 kecematan. Jadi masih banyak yang harus diisi oleh PNS, baik di kantor Pemkab, SKPD dan kecamatan.

Data akurat jumlah PNS di lingkungan Pemkab Nias Selatan, kurang lebih 3.000 orang. Dengan rasio rata-rata, untuk itu kita butuhkan kurang lebih 3.000 orang. Karena sudah ada yang pensiun, tentu inilah yang kita harapkan dapat terpenuhi dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa.

PNS yang sangat diprioritaskan untuk pengelolaan sumber daya alam di Kabupaten Nias Selatan, dari SKPD mana saja, Pak?

Yang kita persiapkan Dinas Kehutanan, Pertanian, sudah termasuk Perkebunan. Inilah nanti yang akan kita butuhkan PNS yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya, dalam pengelolaan lebih lanjut.

Bagaimana dengan kebutuhan untuk pembenahan sekretariat, berapa persen yang dialokasikan dari APBD Tahun 2014?

Untuk itu kurang lebih Rp30 miliar, dengan anggaran belanja dan operasional serta biaya lainnya untuk peningkatan kualitas kerja.

Pak Sekda, secara karir, jabatan yang Bapak emban saat ini adalah jabatan puncak di birokrat, bagaimana perasaan Bapak dengan pencapaian tersebut?

Saya sangat berterimakasih kepada Tuhan, karena atas kehendakNya ini.

Saya sudah 7 kali berpindah jabatan sebagai kepala SKPD, dua kali sebagai sekretaris daerah dan pernah menjadi Bupati Nias Barat. Inilah pengembanan tugas yang tidak pernah saya mimpi-mimpikan. Saya ini kan hanya berlatar belakang guru SD. Apalah hebatnya seorang guru SD. Tetapi, tugas yang diembankan kepada saya, itulah modal bagi saya untuk terus belajar. Sebenarnya, tiga tahun lagi saya sudah pensiun, dan tugas yang diberikan Bupati Nias Selatan kepada saya, merupakan sebuah amanah yang harus laksanakan.

Tetapi, Tuhan telah berkehendak dan saya mencapai karir yang cukup luar biasa. Kalau bukan karena campur tangan Tuhan, saya tidak akan mencapai karir ini.

Sekarang ini, obsesi saya hanyalah, bagaimana saya bisa membenahi dan memenej administrasi Pemerintah Kabupaten Nias Selatan lebih baik. Sejak saya menjabat sekeretaris daerah, mudah-mudahan sudah ada perubahan-perubahan, dan tentu masih juga banyak kelemahan-kelemahan yang harus dibenahi.

Setiap saat, saya terus melakukan pembinaan dan memberi motivasi terhadap kepala-kepala SKPD, agar benar-benar tertib administrasi. Sering berkomunikasi dengan instansi terkait untuk memberhasilkan pembangunan di Nias Selatan.

Boleh digambarkan perjalanan karir Bapak, dimulai darimana?

Perjalan karir saya dimulai dari guru SD, kepala sekolah, pengawas sekolah, ke birokrat (BPN), setelah pemekaran diangkat menjadi Kadis Pendidikan, Kepala Dinas Perikanan Kelautan Nias Selatan, dipercaya pemerintah pusat sebagai Pj Bupati Nias Barat selama dua tahun, setelah itu diberi kepercayaan oleh Bupati Nias Selatan sebagai staf ahli, asisten III, sekarang menjabat sebagai inspektur dan Sekda Nias Selatan.

Inilah dinamika karir yang saya mulai dari bawah. Semua ini karena pertolongan dan campur tangan Tuhan.

Bagaimana membagi tugas rangkap jabatan?

Tugas di inspektorat sudah saya bagi tugas dengan sekretaris, untuk hal-hal yang rutin. Untuk yang terkait masalah kebijakan, saya yang tanda tangani.

Bapak tidak merasa capek?

Tentu saja dalam melaksanakan tugas, saya merasa capek, tapi saya banyak terbantu, walau harus istirahat hanya 5 jam setiap malam. Saya tidak dapat menolak kehadiran maysarakat, karena betapa kecewanya kalau kehadiran mereka tidak saya layani. Membaca koran saja sudah tidak waktu, kalau pun melakukannya ya curi waktu. Setiap hari jam 6 saya berdoa dan jam 7 berangkat ke kantor.

Ibu tidak pernah protes?

Kadang-kadang Ibu ya protes, tapi karena sudah terlatih dan memaklumi tugas saya, akhirnya Ibu dapat menerimanya. Kadang-kadang Ibu menelepon dan mengingatkan saya. Itulah pengabdian.

Dalam pembenahan karir bawahan, apa obsesi yang belum dapat Bapak wujudkan?

Kita menyadari kekurangsiapan SDMsehingga kurang pas. Kadang mereka lambat berpikir. Tapi, kita terus mendorong agar mereka mau belajar dan belajar, karena itulah yang saya lakukan. Banyak baca buku dan membangun komunikasi dengan para senior, sehingga dapat semakin memahami tugas masing-masing.

Apa pesan kata motivasi terhadap PNS, yang dapat Bapak sampaikan untuk peningkatan karir mereka?

Silahkan berbuat dengan mempedomani peraturan yang ada. Silahkan terus berkarya, anlisa dan kaji apakah tidak ada akibat serta jangan lengah dalam melaksanakan tugas. Apalagi sekarang ini, sangat ketat dilakukan pengawasan terhadap kerja kita. Lebih banyak berbuat, tanpa mengenyampingkan tugas pokok dan fungsi (tupoksi)

Tupoksi Sekda itu apa?

Mengkoordinir kerja seluruh SKPD dan melaksanakan tugas apa yang diemban Pak Bupati.

(Desty, Ingot)

Berita Populer

  • Terbaru
  • Terpopuler

Mendagri akan sambangi ...

  Menteri Dalam Negeri Tjahjo ...

MUTASI PEGAWAI KABUPATEN ...

Sudah 8 bulan lamanya masa ...

NISEL" MATI GAYA" , ...

Puluhan mobil Truk Terlantar,Asset ...

BUPATI HILARIUS DUHA TAK ...

Didepan Kantor Bupati Nisel, ...

Pemkab Nisbar Gelar ...

Nias Barat | IndoNias Untuk ...

Laporan Marinus Gea ke ...

Komentar akun Sukawani Hia pada ...

NISEL" MATI GAYA" , ...

Puluhan mobil Truk Terlantar,Asset ...

100 Tokoh Nias: Jejak ...

Mantan Wali Kota Medan dan ...

128 Bidan Ikuti Seleksi ...

Foto: Wira Zega Gunungsitoli | ...

13 April Kepala Daerah ...

Gubernur Sumatera Utara Tengku ...

140 Peserta Ikuti ...

Peserta Pemilihan Putri ...

155 Orang PPK Kabupaten ...

Telukdalam │ IndoNias Ketua ...

Tabloid IndoNias Edisi IX

Kontak Kami

  • Telukdalam, Nias Selatan, Sumatera Utara
  • 0811 

Galeri Foto

Who's Online

Kami memiliki 82 tamu dan tidak ada anggota online

Statistics

OS:  
Linux i
PHP:  
5.5.38
MySQL:  
10.1.21-MariaDB-cll-lve
Waktu:  
10:25
Cache:  
Dinonaktifkan
GZip:  
Dinonaktifkan
Pengunjung:  
4
Artikel:  
837
Tautan Web:  
9