SJ News - шаблон joomla Авто

Bakal calon Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd | Foto: Litbang IndoNias

Gunungsitoli | IndoNias

Pasca disahkannya peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) Nomor 1/2014 tentang Pilkada dan Perppu Nomor 2 tentang Pemerintahan Daerah menjadi undang-undang, masyarakat Nias Barat mulai menimbang-nimbang sosok yang diprediksi bakal bertarung pada pilkada yang rencananya digelar pada bulan Desember 2015.

Dari sekian banyak nama yang beredar di tengah masyarakat, sosok Faduhusi Daely, Khenoki Waruwu, dan Sabaeli Gulo yang paling mencuri perhatian. Ketiga sosok ini digadang-gadang bakal berkolaborasi dengan format Faduhusi Daely (bupati), Khenoki Waruwu (wakil bupati), dan Sabaeli Gulo akan diposisikan sebagai sekretaris daerah (sekda).

“Ketiga sosok ini mulai dikenal dengan sebutan “Trio Macan”. Ketiganya cukup dikenal luas dan merupakan representasi masyarakat Nias Barat,” ujar Elikana Hia, tokoh masyarakat Nias Barat yang diwawancarai IndoNias, Rabu (18/2/2015).

Menurut Elikana, peluang memenangi pilkada bila ketiga sosok ini bersatu cukup besar, mengingat Faduhusi Daely pernah meraup suara yang cukup besar dalam pilkada tahun 2011. Sementara Khenoki Waruwu akan memborong suara pemilih dari wilayah Mandrehe, sedangkan Sabaeli Gulo akan didukung masyarakat dari Moi.

Faduhusi Daely, yang saat ini menjabat Sekda Nias Selatan, tidak menampik bila dirinya telah membangun komunikasi dengan Khenoki Waruwu dan Sabaeli Gulo untuk maju dalam pilkada.

“Semuanya kita serahkan kepada masyarakat. Saya mohon doa dan dukungan dari semua atas rencana ini,” ujar Faduhusi kepada IndoNias melalui sambungan telepon seluler, Rabu (18/2/2014).

Menurut catatan IndoNias, selain ketiga sosok di atas, ada 14 sosok yang bakal muncul dan akan bersaing ketat untuk mendapatkan dukungan dari partai politik yang akan menyediakan kapal menuju Nias Barat 1.

Ke-14 tokoh dari kalangan birokrat, profesi, cendikiawan, tokoh gereja, ekonom dan politisi itu, tentu saja akan melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan dukungan partai politik yang ada.

Bupati Nias Barat Aroziduhu Gulo SH MH—sebagai incumbent—kelihatannya akan mencalonkan diri kembali, dengan memilih pasangan baru. Walau belum ada nama yang digadang-gadang untuk mendampinginya, setidaknya dengan pasangan baru, Aroziduhu Gulo ingin melakukan manuver-manuver segar untuk membangun Nias Barat lima tahun ke depan.

Wakil Bupati Nias Barat Hermit Hia SIP, yang akan “berpisah” dengan Aroziduhu Gulo, kelihatannya sudah matang untuk ikut serta meramaikan bursa calon bupati periode 2015-2020 tersebut. Sebagai birokrat, Hermit Hia sudah berpengalaman, dan menurut sejumlah kalangan, telah melakukan pengamatan yang lebih jauh untuk meningkatkan pertumbuhan pembangunan di Nias Barat.

Kemudian yang tidak kalah menarik, adalah keberadaan Sekda Nias Barat Zemi Gulo SH, yang juga hangat dibicarakan. Zemi Gulo juga tidak asing dalam perkembangan dan pertumbuhan Kabupaten Nias Barat. Ia pernah diberi kepercayaan untuk menjadi Ketua BPP KANISBAR ini, sangat paham bagaimana sejarah perjuagan pemekaran Nias Barat sejak diawali dari tahun 2003.

Ketiga tokoh sentral yang masih duduk di belakang meja kerja masing-masing di Pemkab Nias Barat ini, memiliki kekuatan dan kemampuan yang sudah ditunjukkan serta yang belum dipertunjukkan. Ketiganya, jika komit untuk memasuki bursa bakal calon Bupati periode 2015-2020, tentu saja sudah mempersiapkan diri dengan matang dan akan “bergerak” total.  

Di samping ketiga tokoh tersebut, sejumlah nama lainnya juga perlu diperhitungkan. Misalnya saja, dari kalangan cendikiawan ada nama Drs Taroni Hia, Drs FG Marthin Zebua, dan Drs Sudirman Waruwu. Dari kalangan profesional Herman Waruwu, Turunan Gulo SP MSP dan Prof Dr Fakhili Gulo, dari kalangan politisi Drs Evolut Zebua (Wakil Ketua DPRD Nias Barat), Sudirman Halawa (anggota DPRD Sumut), Onelyus Halawa SE (anggota DPRD Nias Barat). Dari kalangan ekonom Sinar Abdi Gulo dan tokoh gereja Drs Fatieli Gulo (Ephorus ONKP).

Tugas Partai Politik

Pada Pilkada tahun 2015, masyarakat Nias Barat, masih menggantungkan pengharapan besar terhadap keberadaan partai politik, agar benar-benar jeli dalam mencermati para bakal calon yang datang untuk mendapatkan dukungan.

Dukungan partai politik sebagai salah satu syarat kelengkapan administrasi pencalonan diri, tidak membuka celah penilaian subjektifitas yang lebih mendominasi, ketimbang objektifitas.

Masyarakat Nias Barat, mengharapkan para tokoh partai politik, dapat lebih memfokuskan pencarian bakal calon Bupati periode 2015-2020 yang lebih berkemampuan dan berkemauan untuk meningkatkan kualitas perkembangan dan pembangunan Nias Barat.

Memang, kata pepatah orangtua: tidak ada gading yang tidak retak. Namun setidaknya, para tokoh politik yang memimpin partai politik, dapat juga lebih berperan untuk mengurangi guratan keretakan pada gading tersebut.

Kita memang tidak sedang mencari kesempurnaan seorang pemimpin, tetapi kita sangat mendambakan seorang pemimpin yang dapat memahami makna dari meningkatkan kesejahteraan orang kebanyakan.

Jika partai politik sudah “berkesadaran” terkendali dalam menetapkan bakal calon bupati, maka rakyat sebagai pemilih pun, akan dengan senang hati menentukan pilihannya. Semoga para politisi dapat memberikan pencerahan agar rakyat semakin jeli dalam menetapkan pilihannya.

Semoga, kemampuan mencermati siapa bakal calon Bupati Nias Barat, semakin meningkatkan gairah berpolitik yang lebih demokratis di Kabupaten Nias Barat.   (in/002)

Berita Populer

  • Terbaru
  • Terpopuler

Mendagri akan sambangi ...

  Menteri Dalam Negeri Tjahjo ...

MUTASI PEGAWAI KABUPATEN ...

Sudah 8 bulan lamanya masa ...

NISEL" MATI GAYA" , ...

Puluhan mobil Truk Terlantar,Asset ...

BUPATI HILARIUS DUHA TAK ...

Didepan Kantor Bupati Nisel, ...

Pemkab Nisbar Gelar ...

Nias Barat | IndoNias Untuk ...

Laporan Marinus Gea ke ...

Komentar akun Sukawani Hia pada ...

NISEL" MATI GAYA" , ...

Puluhan mobil Truk Terlantar,Asset ...

100 Tokoh Nias: Jejak ...

Mantan Wali Kota Medan dan ...

128 Bidan Ikuti Seleksi ...

Foto: Wira Zega Gunungsitoli | ...

13 April Kepala Daerah ...

Gubernur Sumatera Utara Tengku ...

140 Peserta Ikuti ...

Peserta Pemilihan Putri ...

155 Orang PPK Kabupaten ...

Telukdalam │ IndoNias Ketua ...

Tabloid IndoNias Edisi IX

Who's Online

Kami memiliki 102 tamu dan tidak ada anggota online

Kontak Kami

  • Telukdalam, Nias Selatan, Sumatera Utara
  • 0811 

Galeri Foto

Who's Online

Kami memiliki 102 tamu dan tidak ada anggota online

Statistics

OS:  
Linux i
PHP:  
5.5.38
MySQL:  
10.1.21-MariaDB-cll-lve
Waktu:  
10:27
Cache:  
Dinonaktifkan
GZip:  
Dinonaktifkan
Pengunjung:  
4
Artikel:  
837
Tautan Web:  
9