SJ News - шаблон joomla Авто

Beberapa poin putusan DKPP | Foto: Litbang IndoNias

Jakarta | IndoNias

Tim Sukses pasangan Ideal-Siga, Mukami Bali, mengapresiasi sikap Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) yang memutuskan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nias Selatan terbukti melakukan pelanggaran-pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada 2015, meskipun putusan tersebut hanya sebatas peringatan keras dan tidak sampai pada tahap pemecatan.

“Menurut saya seharusnya diberhentikan dengan tidak hormat, karena yang bersangkutan juga pernah mendapat sanksi peringatan keras pada Pileg 2014 lalu,” kata Mukami, Rabu (2/3/2016).

Menurut Mukami, poin utama yang dapat dipetik dari keputusan DKPP adalah KPU telah terbukti melakukan pelanggaran-pelangaran dalam pilkada, dan bukti tersebut akan dipakai sebagai alat bukti oleh Tim Sukses Ideal-Siga dalam menempuh upaya-upaya hukum selanjutnya.

“PPK Sidua Ori yang terbukti bersalah ada dua orang, dan karena masa jabatan mereka telah berakhir, maka ke depannya kedua orang itu tidak memenuhi syarat menjadi penyelenggara pemilu,” katanya.

Sebelumnya, pada Jum’at (26/2/2016) lalu, dalam Rapat Pleno DKPP diputuskan bahwa KPU Nisel terbukti telah melakukan beberapa pelanggaran dalam Pilkada 9 Desember tahun lalu. Namun putusan itu baru dibacakan/diumumkan dalam sidang kode etik terbuka untuk umum pada Selasa, (1/3/2016) kemarin.

Rapat Pleno dipimpin oleh Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH, dengan beranggotakan Dr. Valina Singka Subekti M.Si, Pdt. Saut Hamonangan Sirait, M.Th, Dr. Nur Hidayat Sardini, S.Sos, M.Si, dan Endang Wihdaningtyas, SH.

Sementara saat hasil Rapat Pleno dibacakan, majelis yang hadir adalah Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH selaku Ketua merangkap anggota, serta anggota masing-masing Prof. Dr. Anna Erliyana, SH, MH, Dr. Valina Singka Subekti M.Si, Pdt. Saut Hamonangan Sirait, M.Th, Dr. Nur Hidayat Sardini, S.Sos, M.Si, dan Ida Budhiati, SH, MH.

Terlepas dari keputusan DKPP, sebelumnya Mukami Bali sudah pernah menyesalkan kinerja anggota KPU Kabupaten Nias Selatan yang tidak teliti memverifikasi data peserta pilkada, sehingga memungkinkan oknum peserta memanipulasi data.

Pernyataan Mukami merujuk pada pasangan Hilarius Duha-Sozanolo Ndruru (HD-Sanolo). Sozanolo Ndruru saat menjabat pimpinan DPRD Kabupaten Nias Selatan Periode 2009-2014, belum mengembalikan kelebihan biaya perjalanan dinas luar daerahnya pada tahun 2013 sekitar Rp. 69 juta. Jumlah tersebut berdasarkan data temuan BPK Perwakilan Sumatera Utara.

Padahal saat Sozanolo Ndruru maju sebagai peserta pilkada, ujar Mukami, dia membuat surat keterangan tidak memiliki tanggungan utang dari PN Medan, tentunya dia datang ke PN Medan dengan membawa surat pernyataan tidak sedang memiliki utang. Surat pernyataan itulah yang dijadikan dasar oleh PTUN Medan untuk mengeluarkan surat keterangan tidak memiliki tanggungan utang

“Kenyataannya, pada akhir Januari kemarin, utang kepada negara itu dilunasinya. Berarti Sozanolo Ndruru mengakui kalau sebenarnya dia memang punya utang, makanya utang itu dia lunasi,” kata Mukami.

Dengan mengaku tidak memiliki utang, padahal kenyataannya memiliki tanggungan utang, maka menurut Mukami, pasangan HD-Sanolo sudah melakukan pembohongan. Kebohongan tersebut juga berimbas ke Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara atau LHKPN di KPK. Artinya mereka juga sudah membohongi KPK, karena LHKPN yang mereka berikan kepada KPK juga sudah cacat syarat atau cacat hukum.

“Pasangan HD-Sanolo harus didiskualifikasi karena mereka maju bersama sebagai peserta pilkada, bukan maju perorangan. Sebab dengan mengaku tidak memiliki utang, padahal kenyataannya memiliki tanggungan utang, maka mereka sudah melakukan pembohongan,” katanya. (EM)

Berita Populer

  • Terbaru
  • Terpopuler

Mendagri akan sambangi ...

  Menteri Dalam Negeri Tjahjo ...

MUTASI PEGAWAI KABUPATEN ...

Sudah 8 bulan lamanya masa ...

NISEL" MATI GAYA" , ...

Puluhan mobil Truk Terlantar,Asset ...

BUPATI HILARIUS DUHA TAK ...

Didepan Kantor Bupati Nisel, ...

Pemkab Nisbar Gelar ...

Nias Barat | IndoNias Untuk ...

Laporan Marinus Gea ke ...

Komentar akun Sukawani Hia pada ...

NISEL" MATI GAYA" , ...

Puluhan mobil Truk Terlantar,Asset ...

100 Tokoh Nias: Jejak ...

Mantan Wali Kota Medan dan ...

128 Bidan Ikuti Seleksi ...

Foto: Wira Zega Gunungsitoli | ...

13 April Kepala Daerah ...

Gubernur Sumatera Utara Tengku ...

140 Peserta Ikuti ...

Peserta Pemilihan Putri ...

155 Orang PPK Kabupaten ...

Telukdalam │ IndoNias Ketua ...

Tabloid IndoNias Edisi IX

Who's Online

Kami memiliki 31 tamu dan tidak ada anggota online

Kontak Kami

  • Telukdalam, Nias Selatan, Sumatera Utara
  • 0811 

Galeri Foto

Who's Online

Kami memiliki 31 tamu dan tidak ada anggota online

Statistics

OS:  
Linux i
PHP:  
5.5.38
MySQL:  
10.1.21-MariaDB-cll-lve
Waktu:  
10:18
Cache:  
Dinonaktifkan
GZip:  
Dinonaktifkan
Pengunjung:  
4
Artikel:  
837
Tautan Web:  
9