SJ News - шаблон joomla Авто

Telukdalam | IndoNias

Di bawah kepemimpinan Idealisman Dachi, Kabupaten Nias Selatan berhasil mengimplementasikan Kurikulum 2013 (K-13). Keberhasilan ini menambah deretan prestasi yang sebelumnya, pada tahun 2012 Kabupaten Nias Selatan menerima penghargaan Aksara Pratama dari Kementerian Pendidikan.

Keberhasilan Nias Selatan dalam penerapan K-13 tidak terlepas dari keseriusan pendidik mengimplementasikan program pendidikan USAID PRIORITAS.

“Saya melihat anak-anak begitu percaya diri. Saya sangat yakin, dengan model pembelajaran seperti ini, anak-anak Nias Selatan bisa menjadi pemain penting di dunia global kelak,” ungkap Idealisman Dachi, Bupati Nias Selatan, dalam Lokakarya Keberhasilan Program USAID PRIORITAS di Aula Paroki Gereja Katolik, Telukdalam, Kamis (20/2).

Idealisman Dachi mengatakan, program USAID PRIORITAS sangat mendukung program pendidikan gratis yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nisel. Secara kuantitaif melalui program pendidikan gratis, seluruh anak di Nisel telah mendapatkan akses untuk mendapatkan pendidikan. “ Secara kualitatif, program USAID PRIORITAS menyediakan proses pembelajaran yang bermutu. Sehingga secara kuantitatif dan kualitatif, layanan pendidikan yang berkualitas bisa tercapai di Nisel,” tambahnya.

Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Sumatera Utara Agus Marwan menyebut keberhasilan program USAID PRIORITAS tidak lepas dari dukungan pemangku kepentingan bidang pendidikan. Kepala sekolah, komite, pengawas sekolah, guru, siswa dan masyarakat telah mulai bekerjasama untuk meningkatkan mutu pendidikan.” Kami berterima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Nias Selatan yang mendukung program ini,” tutur Agus Marwan, dalam siaran pers yang diterima Nias Today.

Agus Marwan lebih lanjut mengatakan, program USAID PRIORITAS telah mengembangkan praktik pembelajaran bermutu dan manajemen berbasis sekolah (MBS) pada 24 sekolah ( 16 SD/MI an 8 SMP/MTs) di Kecamatan Teluk Dalam dan Kecamatan Gomo. Di tingkat SD/MI dikembangkan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM). Sedangkan ditingkat SMP/MTs dikembangkan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL).

” Kami juga membantu meningkatkan kapasitas kepemimpinan kepala sekolah agar mampu mengelola program pendidikan yang bemutu. Di tingkat kabupaten, kami membantu pemerintah daerah melaksanakan Program Penataan dan Penataan Guru (PPG),” terang Agus.

Selanjutnya Agus Marwan mengatakan program USAID PRIORITAS didesain untuk membantu Pemerintah Indonesia menyediakan layanan pendidikan dasar yang berkualitas. Salah satunya dengan mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 (K-13). “PAKEM dan CTL merupakan bentuk pembelajaran yang diharapkan oleh Kurikulum 2013. Melalui Lokakarya hari ini kita bisa melihat bahwa sekolah di Nias Selatan mampu mengimplementasikan Kurikulum 2013,” tambahnya.

Program USAID Prioritizing Reform, Innovation, Opportunities for Reaching Indonesia’s Teacher, Administrators, and Students (USAID PRIORITAS) adalah program lima tahun yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID).Program ini didesain untuk membawa pendidikan berkelas dunia kepada banyak siswa di Indonesia. Di Sumatera Utara Program USAID PRIORITAS bekerja di 12 kabupaten/kota (Medan, Langkat, Binjai, Deli Serdang, Tebing Tinggi, Tanjungbalai, Labuhan Batu, Tapanuli Utara, Toba Samosir (Tobasa), Tapanuli Selatan, Sibolga dan Nias Selatan). [BAZ]

Berita Populer

  • Terbaru
  • Terpopuler

Mendagri akan sambangi ...

  Menteri Dalam Negeri Tjahjo ...

MUTASI PEGAWAI KABUPATEN ...

Sudah 8 bulan lamanya masa ...

NISEL" MATI GAYA" , ...

Puluhan mobil Truk Terlantar,Asset ...

BUPATI HILARIUS DUHA TAK ...

Didepan Kantor Bupati Nisel, ...

Pemkab Nisbar Gelar ...

Nias Barat | IndoNias Untuk ...

Laporan Marinus Gea ke ...

Komentar akun Sukawani Hia pada ...

NISEL" MATI GAYA" , ...

Puluhan mobil Truk Terlantar,Asset ...

100 Tokoh Nias: Jejak ...

Mantan Wali Kota Medan dan ...

128 Bidan Ikuti Seleksi ...

Foto: Wira Zega Gunungsitoli | ...

13 April Kepala Daerah ...

Gubernur Sumatera Utara Tengku ...

140 Peserta Ikuti ...

Peserta Pemilihan Putri ...

155 Orang PPK Kabupaten ...

Telukdalam │ IndoNias Ketua ...

Tabloid IndoNias Edisi IX

Kontak Kami

  • Telukdalam, Nias Selatan, Sumatera Utara
  • 0811 

Galeri Foto

Who's Online

Kami memiliki 73 tamu dan tidak ada anggota online

Statistics

OS:  
Linux i
PHP:  
5.5.38
MySQL:  
10.1.21-MariaDB-cll-lve
Waktu:  
10:24
Cache:  
Dinonaktifkan
GZip:  
Dinonaktifkan
Pengunjung:  
4
Artikel:  
837
Tautan Web:  
9